Peringatan 7 Tahun Tragedi Kuranji

SEBAGAI suatu kegiatan yang beresiko, arung jeram telah banyak menelan korban. Di Sumatera Barat sendiri telah beberapa orang meninggal dunia akibat ditelan ganasnya jeram-jeram yang ada di daerah ini. Salah satunya yaitu Donald Mahata Putra, Anggota Mapala Unand yang menjadi korban keganasan jeram Batang Kuranji 7 tahun lalu tepatnya 30 Oktober 2000.

Selasa (30/10) kemarin bertempat di aula gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) Unand Limau Manih, berlangsung peringatan 7 tahun Tragedi Kuranji. Upacara ini dipimpin langsung oleh Ketua Mapala Unand, Fauzan Gusti Wardhana diikuti oleh puluhan Anggota dan Undangan.

Dalam sambutannya Fauzan mengajak seluruh peserta untuk mengenang keberadaan Alm Donald. Walaupun sebagian besar peserta tidak sempat bertemu langsung dengan mendiang, namun prestasi dan sepak terjangnya tetap dikenang.

Disamping itu, Fauzan juga mengingatkan untuk selalu memperhatikan safety procedure dalam berkegiatan. “Kita ketahui bersama bahwa kegiatan kita memang beresiko. Untuk itu keselamatan adalah hal utama sebelum berkegiatan. Segala sesuatunya haruslah dipertimbangkan agar kejadian yang sama tidak terulang lagi. Kalaupun sampai terjadi, artinya memang sudah ajal,” ujarnya.

In Memorian Donald Mahata Putra
Semasa hidupnya, Donald dikenal sebagai sosok yang bersahabat dan supel. Dia tidak pernah membeda-bedakan orang dan mau berteman dengan siapa saja.

Bergabung dengan Mapala Unand melalui Pendidikan Dasar Mapala Unand ke-5 Donald mulai meniti karirnya dengan mengambil spesialisasi Tebing. Tidak sia-sia, dia berhasil menjadi salah satu atlit andalan Sumatera Barat untuk berlaga di ajang regional maupun nasional. Pada tahun 1999, Donald dipercaya menjadi Ketua Mapala Unand dan semakin menunjukkan eksistensi Mapala Unand sebagai organisasi penggiat alam bebas.

Tragedi Kuranji terjadi pada saat persiapan menghadapi kejuaraan Asahan 2000. Donald yang juga terpilih sebagai atlit sedang mengadakan latihan bersama rekan-rekannya di Batang Kuranji. Debit air memang sedang naik akibat hujan yang mengguyur sehari sebelumnya. Sementara Batang Kuranji memang hanya bisa diarungi di musim penghujan karena dalam kondisi normal tidak layak untuk pengarungan.

Pada awalnya, pengarungan berjalan dengan lancar karena memang awak perahu sudah berpengalaman dalam kegiatan arung jeram. Namun menjelang jembatan By Pass, tepatnya di jeram letter s perahu terbalik akibat dihempaskan gelombang tegak dan menghantam dinding yang berada di tepi sungai.

Awalnya Donald masih bisa menepi, namun karena melihat salah seorang yuniornya mengalami kesulitan tanpa ragu Donald langsung terjun menolong. Memang dia berhasil membantu namun kemudian dia terseret arus sungai yang mengganas. Akibatnya. nyawanya tidak bisa diselamatkan. Donald menghembuskan nafas terakhir pada saat dalam perjalan menuju rumah sakit. (Ahmad Medapri/ MU 160 Cps.)


You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
4 Responses
  1. hanif putra says:

    Donal mahata putra juga di kenal sebagai si Alang Muaro (elang Muara ), adalah sosok senior yang sangat supel dan mendidik junior dengan caranya sendiri. Beliau adalah salah satu senior Panutan saya di MU..Semoha Beliau tenang disisi NYa..Amiinn..
    Tagak bulu ramang awak dek nyo mambaco kisah ko..

  2. selveh says:

    tetap semangat………….hidup khan ga da yang tw yang tw hanya yang diAtas……jadi pengen nich maen2 ksana mapala unand………meskipun telat q turut berduka………moga amal ibadahnya diterima disi2 Tuhan….amin

  3. botek says:

    maniangko…..juga merupakan salah seorang pengurus FPTI sumbar …pada saat itu kalo ngak salah pada kepengurusan thn 2000….maniangko…jg yang mengeluarkan izin penggunaan dinding panjat di GOR H Agus Salim Padang untuk kami yg pada saat itu,,berkeeinginan menggelar climbing compeition..semoga amal dan ibadahnya di terima di sisi tuhan….amin.

  4. caca amran says:

    amiin..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Powered by sweetCaptcha