Aktivitas MU Desember 2004-Mei 2005

SiluetSELAMA rentang waktu November 2004 hingga Mei 2005, personil MAPALA UNAND telah melakukan berbagai aktivitas. Di antaranya : mengikuti Temu Wicara dan Kenal Medan menjadi pembicara/Instruktur untuk Diklat Medis Mapala HET dan Mapala Alpichanameru IAIN Imam Bonjol Padang serta diklat KSR PMI UNAND, jadi relawan di Nanggroe Anceh Darussalam, memperingati 7 tahun tragedi Sangir, melakukan pemantapan Angkatan Muda (AM), menggelar fun climbing, pameran, serta beberapa atraksi dan games dalam acara “Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) 2005″, menjadi Event Organizer dalam Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) Politekhnik Kesehatan Padang, pelantikan anggota penuh, menjadi fasilitator untuk Outdoor Activities and Recreation Asociety (OARS) Multimedia University Malaysia.

DESEMBER 2004

* MAPALA UNAND mengutus dua orang anggotanya untuk mengikuti kegiatan Temu Wicara dan Kenal Medan (TWKM) XIV Mahasiswa Pecinta Alam se-Indonesia pada 5 – 13 Desember 2004 lalu di Yogyakarta, yang diselenggarakan MAPALASKA (Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga) Yogyakarta. Dua orang anggota tersebut adalah Harios Alius (MU 150 Hmr.) untuk divisi Susur Pantai yang berlokasi di Pantai Sundak sampai Pantai Glagah, Yogyakarta dan Fansyuri (MU 166 Cps.) untuk divisi Rock Climbing yang berlokasi di Tebing Siung, Yogyakarta.

JANUARI 2005

Wpe08819* Untuk kesekian kalinya MAPALA UNAND dipercaya menjadi pembicara/Instruktur. Secara kebetulan, di hari bersamaan 29 Januari 2005 lalu, MAPALA UNAND dipercaya menjadi instruktur di dua kegiatan berbeda. Pertama pada Diklat Medis Mapala HET (Hipocrates Emergency Team) Fak. Kedokteran Unand untuk memberikan materi Navigasi Darat. Kedua di Mapala Alpichanameru IAIN Imam Bonjol Padang untuk materi SAR & ESAR.

Untuk kepercayaan itu, MAPALA UNAND mengirimkan 4 orang anggotanya, yaitu : Harios “Pakiah” Alius (MU 150 Hmr.) dan Yudy “Kamput” Antoni  Syarif (MU 162 Cps.) untuk materi Navigasi Darat. Sedangkan untuk materi SAR dan ESAR diberikan oleh Satria “Sapek” Feri Eka Putra (MU 143 Clm.) dan Febriboy “Cuplis” Amra (MU 158 Ptn.)

FEBRUARI 2005

* Kamis, 3 Februari 2005 lalu, 6 orang relawan MAPALA UNAND tiba di Padang dengan selamat. Mereka yang tergabung dalam tim relawan Padang telah selesai melakukan tugas kemanusiaan selama 23 hari. Sedangkan 9 orang relawan MAPALA UNAND lainnya, tiba di Padang pada hari Selasa, 8 Februari 2005. 15 orang relawan MAPALA UNAND tersebut (13 orang laki-laki, 2 orang perempuan) diantaranya adalah 5 orang Anggota Penuh, 4 orang Anggota Tanpa Register (ATR) dan 6 orang Anggota Muda (AM) MAPALA UNAND.

Lima belas orang relawan ini bergabung dengan 60 org relawan lain yang di tempatkan sebagai relawan Kota Padang di Kota Meulaboh. Untuk pengiriman relawan ini, Walikota Padang, Drs H Fauzi Bahar MSi menunjuk MAPALA UNAND menjadi koordinator Relawan Kota Padang. Mardi Rosa (MU 153 Hmr.) ditugaskan Pengurus untuk menjadi Koordinator Relawan dan  Budi Aswar (MU 105 Acr.) sebagai Komandan Lapangan.

* Tanggal 7 Februari 1998 merupakan salah satu tanggal bersejarah dalam catatan perjalanan MAPALA UNAND. Karena pada tanggal tersebut, 2 orang Anggota MAPALA UNAND yaitu Andrizal (MU 040 Slv.) dan Yoki Budianto (MU 085 Alt.) meninggal dalam kegiatan arung jeram di Batang Sangir (Solok Selatan).

Untuk memperingati peristiwa tersebut, 7 Februari 2005 lalu diadakan sebuah upacara  untuk mengenang dan memperingati 7 tahun Tragedi Sangir yang dilakukan di hall PKM Universitas Andalas Limau Manis, Padang pada pukul 19.30 WIB.

* Anggota Muda (AM) MAPALA UNAND yang berjumlah 12 orang pada 9-12 Februari 2005 lalu, mulai melakukan Pemantapan 4 divisi. Untuk Pemantapan yang pertama telah berjalan pemantapan divisi Rimba Gunung. Pemantapan ini meliputi tahap ruangan dengan materi: pengantar dan manajemen perjalanan gunung hutan, navigasi darat, SAR & ESAR yang bertempat di kantor MAPALA UNAND.

Untuk simulasi  materi navigasi darat bertempat di lapangan PKM Unand, dan praktek lapangan pada tanggal 10-12 Februari 2005 bertempat di helai peta 1223-II dengan materi survival, botani dan zoologi praktis, ilmu penaksiran, PPPK praktis dan SAR & ESAR.        

Pemantapan tahap lapangan ini diiringi 3 orang Anggota Penuh, yaitu; Harios Alius (MU 150 Hmr.), Gusti Handra (MU 155 Ptn.), dan Yudy Antoni S (MU 162 Cps.) selaku Tekhnik Operasional Rimba Gunung serta 3 orang Anggota Tanpa Register yaitu; Fajri Isral, Fauzan GW, dan Alde Maulana.

MARET 2005
       
* Satria Feri Eka Putra (MU 143 Clm.) dan Febriboy Amra (MU 158 Ptn.) pada 7 Maret 2005 kembali ditugaskan Pengurus Harian MAPALA UNAND untuk memberikan materi SAR dan ESAR dalam acara diklat KSR PMI UNAND yang bertempat di aula Gedung PKM kampus UNAND Limau Manis Padang.

* “Untukmu Kampusku, Demi Kedjajaan Bangsa Kami Bersatu”. Itulah tema yang diusung dalam acara “Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) 2005″ pada 14-21 Maret 2005 lalu. BEM KM Unand, dan BEM Fakultas, serta UKM di lingkungan Universitas Andalas menggelar kegiatan secara bersama yang bertempat di Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa kampus Unand Limau Manis Padang. MAPALA UNAND sendiri turut andil dalam kegiatan ini dengan menggelar fun climbing, pameran, serta beberapa atraksi dan games. Alhamdulillah, dalam acara ini MAPALA UNAND keluar sebagai The Best Expo.

Lembah Harau 5* Dimulai dari 14 Maret 2005, seluruh Anggota Muda (AM) MAPALA UNAND melakukan Pemantapan divisi Tebing yang bertempat di kantor MAPALA UNAND. Pemantapan ini meliputi tahap ruangan dengan materi: pengantar dan manajemen perjalanan Tebing, Medik darurat tebing, Ilmu Penaksiran Tebing, SAR tebing (Vertikal rescue), yang bertempat di kantor MAPALA UNAND.

Untuk simulasi beberapa materi dilakukan di gedung PKM Unand, dan praktek pemanjatan di tebing alam Gunung Padang pada tanggal 20 dan 27 Maret 2005 dengan materi tekhnik pemanjatan dan metode pembuatan jalur. Pemantapan ini dikoordinatori langsung oleh Fansyuri (MU 166 Cps.) selaku Teknik Operasional Tebing.

APRIL 2005

* Minggu 10 April 2005, MAPALA UNAND diminta menjadi Event Organizer dalam Latihan Dasar Kepemimpinan Mahasiswa (LDKM) Politekhnik Kesehatan Padang. Ini adalah kali keduanya MAPALA UNAND mengadakan LDKM yang merupakan program dari Poltekkes setiap tahunnya. Acara yang bertema “Menjadi Pemimpin Abad 21 yang Cerdas, Terampil dan Mandiri” ini dilaksanakan satu hari penuh dari pukul 08.00 s/d 17.00 WIB.

Untuk pemateri, MAPALA UNAND menugaskan Fince Herry SSos, M.EP (MU 073 Crr.), Nanang Farid Syam S.Sos (MU 094 Acr.), Tandri Eka Putra S.Si. (MU 138 Clm.) dan Harios Alius (MU 150 Hmr.)

Acara ini berjalan dengan sukses dengan diikuti oleh seluruh Mahasiswa tahun pertama Poltekkes Kesehatan Siteba Padang.

MEI 2005
       
P7010027* Kembali seluruh Anggota Muda MAPALA UNAND melakukan Pemantapan 4 divisi. Kali ini adalah divisi Caving. Pada pemantapan ini meliputi tahap ruangan dengan materi: pengantar dan manajemen penelusuran goa, Medik darurat goa, Ilmu Penaksiran goa, SAR goa (Cave rescue), yang bertempat di kantor MAPALA UNAND.

Untuk simulasi beberapa materi dilakukan di gedung PKM Unand, dan praktek penelusuran di goa Kelelawar Indarung Padang pada tanggal 1 Mei 2005 dengan materi teknik penelusuran gua yang dikoordinir langsung oleh Erik Kurniawan selaku Teknik Operasional Caving  MAPALA UNAND.

* Minggu, 8 Mei 2005, Angkatan ke VXI MAPALA UNAND dilantik di Minang Village, Padang Panjang. Sebelumnya keempat orang Anggota Tanpa Register (ATR) yang akan dilantik tersebut melakukan perjalanan ke puncak Gunung Singgalang dari tanggal 6 Mei 2005 melewati sisi Barat yang merupakan jalur Ekspedisi mereka tahun 2004 lalu.

Angkatan ini diberi nama Whistle, disingkat dengan Wsl, terdiri dari empat orang pria dari 16 orang yang sama-sama lulus PDM XIV MAPALA UNAND. Mereka yang dilantik yaitu ; Fauzan Gusti Wardhana (MU 169 Wsl.), Yudhi Halim (MU 170 Wsl.), Fajri Isral (MU 171 Wsl.) dan Alde Maulana (MU 172 Wsl.).

Gunung Talamau 3* Untuk kedua kalinya, Outdoor Activities and Recreation Asociety (OARS) Multimedia University Malaysia melaksanakan kegiatan bertajuk  “Lawatan dan Kerjasama Trans Sumatera II – 2005″. Mereka bekerjasama dengan MAPALA UNAND sebagai organisasi Pecinta Alam terbesar di Sumatera Barat.

Berlangsung dari 17 s/d 27 Mei 2005, kegiatan yang meliputi  Pendakian Gunung Talamau, Bhakti Sosial Masyarakat, dan Kunjungan ke daerah-daerah Wisata di Sumatera Barat (Padang, Bukit Tinggi, Batusangkar) berjalan dengan lancar dan sukses. Dalam kegiatan ini, OARS mengirimkan 11 orang personilnya. MAPALA UNAND menugaskan sebelas orang personil yang dibagi dalam dua tim. (Humas MU)

 


Category: Kegiatan MU
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
37 Responses
  1. ekhabelis says:

    salam lestari…………….

  2. Salam lestari … Bravo MAPALA UNAND

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Powered by sweet Captcha