Video Hoax Peristiwa Air Bah Beredar

Beberapa hari ini, warga Sumatera Barat khususnya, telah digegerkan dengan beredarnya video yang diisukan sebagai video musibah air bah yang terjadi pada Mapala Unand. Tanpa perlu melihat video tersebut, bisa kami pastikan bahwa isu tersebut tidak benar karena :

1. Saudara kami Ivo dan Meta yang selamat dalam musibah tersebut tidak membawa HP  berkamera atau jenis kamera lain yang bisa digunakan untuk menvideokan peristiwa tersebut sementara lokasi kejadian berada di tengah hutan, sehingga tidak ada orang lain yang berada pada saat yang sama di lokasi musibah yang mungkin mengambil gambar.

2. Mereka berdua juga harus menyelematkan diri, sehingga tidak mungkin sempat mengambil video apapun. Apalagi sampai membuat video rekan satu tim yang dihantam air bah. Logika mana yang dipakai untuk menyatakan mereka sempat-sempatnya mengabadikan moment teman-temannya sedang hanyut. Masya Allah!

3. Peristiwa tersebut terjadi pada sekitar pukul 18.00 WIB (senja hari) sehingga untuk memvideokan apapun tentunya harus dilengkapi pencahayaan yang bagus, atau gambar akan gelap/ buram. Berbeda dengan video yang  beredar, dimana kejadian air bah pada siang hari dan hasil  gambarnya terang.

4. Video yang beredar seperti di bawah ini :

Video di atas sudah beredar di Youtube sejak tahun 2012 (silahkan kunjungi link ini untuk mengetahui tanggal diuploadnya). Artinya mustahil ini adalah video kejadian 28 September 2013. Bahkan bahasa dan pakaian yang digunakan dalam video di atas bukanlah bahasa dan pakaian orang Indonesia.

Untuk itu, dengan ini kami mengharapkan agar kita bersama tidak lagi menyebarkan isu yang tentunya akan melukai hati keluarga para korban. Biarkanlah saudara-saudari kami beristirahat dalam damai. Namun dengan menyaksikan video di atas, kita bisa mengetahui bahwa peristiwa air bah memang dapat terjadi tiba-tiba dan begitu dahsyatnya menyapu apapun yang dilewatinya. Innalillahiwainailaihirajiun.


Category: Berita
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.
One Response
  1. Eka Oktriano says:

    benar… sangat benar…
    video itu bukanlah tragedi di batu busuk.. kalau saya tidak salah, itu terjadi di Thailand..
    Saya sudah cukup lama sejak tahun 1993 mengikuti kegiatan di sekitar batu busuk,padang besi, bukit unand dan sekitarnya..
    Mana ada jurang terjal seperti yang terlihat pada video tersebut..
    Jadi, saya sangat sedih dengan orang yang punya ide untuk mengexplore kalau itu video tragedi dimaksud..
    Janganlah kita memperkeruh suasana duka yang dialami pihak kerabat dan keluarga.
    Semangat terus Mapala Unand… Jadikan tragedi ini menjadi sebuah pelajaran yang sangat berharga..
    Bak kata pepatah minang “GABAK DI HULU TANDO KA UJAN” itu bisa kita jadikan sebagai tanda-tanda alam dalam mengambil setiap keputusan yang berdekatan dengan sungai..
    Note : Saya tinggal di dekat rumah adinda kita Aidil..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Powered by sweetCaptcha